Powered By Blogger

Minggu, 17 April 2011

Tips Mudik Lebaran Dengan Sepeda Motor Dan Hal Yang Jangan Dilakukan

Jangan Mudik Seperti Ini0
Tidak terasa sebentar lagi lebaran tiba…dan kegiatan mudik adalah ritual tahunan yang sangat menyenangkan dan tentu telah dinanti-nanti selama setahun.
Fenomena yang terjadi setiap tahun, adalah  meningkatnya pemudik dengan menggunakan sepeda motor, bahkan Polda Metro Jaya memperkirakan pemudik dari Jakarta yang menggunakan sepeda motor mencapai 3,9 juta orang pada lebaran tahun 2009.
Seiring dengan fenomena ini , pemudik yang menggunakan sepeda motor memerlukan perhatian khusus karena mudik dengan sepeda motor sarat dengan resiko.
Dirjen Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan bahkan jauh hari juga sudah mengingatkan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh.
Jika memang anda tetap ingin mudik dengan sepeda motor, ingatlah bahwa  ketentuan dalam UU Lalu Lintas Angkutan Jalan sudah berlakuyakni terkait dengan penggunaan sepeda motor yang wajib hanya untuk dua orang dan kedua penumpang wajib menggunakan helm standard SNI. Pengendara juga dilarang membawa barang yang diletakkan didepan atau dibelakang yang besarnya melebihi setang pengemudi.
Selain hal tersebut, sebaiknya kendaraan roda dua  anda sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin, karena perjalanan mudik menempuh jarak hingga mencapai ratusan kilometer.
Beberapa langkah yang harus dilakukan agar mudik dengan sepeda motor dapat berjalan lancar adalah :
  • Service mesin  kendaraan (tune up)
  • Periksa Sistem Pengapian
  • Rapikan Sistem Listrik
  • Periksa kinerja rem
  • Balancing roda dan ban motor
Dan yang sangat penting lagi, jangan lakukan perjalanan mudik seperti pada foto dibawah ini, sangat beresiko bagi anda dan keluarga !!!
Sekedar mengingatkan ! Jumlah kecelakaan sepeda motor selama mudik setiap tahun juga mengalami peningkatan….   
Jangan Mudik Seperti Ini Ya ?
Jangan Mudik Seperti Ini1Jangan Mudik Seperti Ini2Jangan Mudik Seperti Ini6Weleh…Weleh…Sayangilah Keluarga Anda !
SOPLAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar